Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 1, No 01 (2024): Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2024

Strategi Penguatan Literasi Dan Kebahasaan Di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak

Atika, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Strategi penguatan literasi dan kebahasaan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak merupakan upaya terpadu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami, menggunakan, dan menganalisis bahasa secara kritis. Fokus utama strategi ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kebiasaan membaca dan menulis, yang diintegrasikan dengan kurikulum serta aktivitas sehari-hari siswa. Program seperti pembiasaan membaca harian, kompetisi menulis, dan diskusi literatur menjadi bagian penting dari pendekatan ini. Selain itu, pelatihan bagi guru untuk mengajarkan literasi dengan metode yang lebih interaktif dan menarik juga diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi penguatan literasi dan kebahasaan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Pendekatan ini penting dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa, yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berpikir, serta penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi wawancara, dan analisis dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini berlangsung selama tiga bulan, dimulai dari Januari hingga maret 2024. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, strategi penguatan literasi di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak telah memberikan dampak positif terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa. Program pembiasaan membaca menunjukkan partisipasi yang cukup tinggi, meskipun minat siswa dalam diskusi literatur masih bervariasi. Guru dan staf perpustakaan mencatat peningkatan dalam keterlibatan siswa, terutama dalam penggunaan fasilitas perpustakaan dan kegiatan menulis kreatif. Namun, motivasi siswa dan efektivitas metode pengajaran masih perlu ditingkatkan agar program literasi dapat lebih merata diterima dan diikuti oleh seluruh siswa. berhasil meningkatkan keterampilan literasi siswa, termasuk kemampuan membaca, menulis kreatif, serta penguasaan bahasa Indonesia yang baik. Program ini juga berkontribusi dalam mendukung prestasi akademik siswa dan meningkatkan keterampilan berbahasa secara menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...