Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 1, No 01 (2024): Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2024

Efektivitas Penggunaan Flipbook Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama

Nurdiana, Nurdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Flipbook Profesional dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat SMP. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Ketapang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Proses pengukuran hasil belajar dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk menilai perubahan sebelum dan sesudah penerapan Flipbook Profesional. Uji Wilcoxon digunakan sebagai alat analisis karena hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan Flipbook Profesional, dibuktikan dengan perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Nilai signifikansi yang diperoleh berada di bawah 0,05, mengindikasikan bahwa penggunaan Flipbook Profesional efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa secara keseluruhan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Flipbook Profesional diintegrasikan lebih luas dalam proses pembelajaran IPS di SMP sebagai salah satu media pembelajaran digital yang inovatif dan efektif. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk melibatkan sampel yang lebih besar, variasi kelas yang lebih banyak, serta metode pengumpulan data yang beragam guna menguji konsistensi temuan ini dan mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan Flipbook Profesional sebagai alat bantu belajar yang interaktif dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...