Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Flipbook Profesional dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat SMP. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Ketapang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Proses pengukuran hasil belajar dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk menilai perubahan sebelum dan sesudah penerapan Flipbook Profesional. Uji Wilcoxon digunakan sebagai alat analisis karena hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan Flipbook Profesional, dibuktikan dengan perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Nilai signifikansi yang diperoleh berada di bawah 0,05, mengindikasikan bahwa penggunaan Flipbook Profesional efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa secara keseluruhan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Flipbook Profesional diintegrasikan lebih luas dalam proses pembelajaran IPS di SMP sebagai salah satu media pembelajaran digital yang inovatif dan efektif. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk melibatkan sampel yang lebih besar, variasi kelas yang lebih banyak, serta metode pengumpulan data yang beragam guna menguji konsistensi temuan ini dan mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan Flipbook Profesional sebagai alat bantu belajar yang interaktif dan menarik.
Copyrights © 2024