Jurnal Ilmiah Accusi
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Accusi

Comparative Analysis of PT KAI (Persero) Financial Performance for the 2020-2023 Period Using Profitability Ratios

Sriwiyanti, Eva (Unknown)
Nikitria, Athina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT Kereta Api Indonesia selama periode 2020 - 2023. Pada tahun 2020 hingga 2021, dampak pandemi COVID - 19 menyebabkan penurunan laba perusahaan yang cukup signifikan akibat terbatasnya mobilitas dan pembatasan perjalanan. Namun temuan penelitian menunjukkan pemulihan dan peningkatan laba yang signifikan pada tahun 2022 - 2023 seiring dengan pelonggaran pembatasan dan peningkatan aktivitas ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dipadukan dengan analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder, yaitu informasi yang dikumpulkan oleh pihak ketiga atau sumber untuk tujuan tertentu. Penekanan utama dalam analisis dilakukan melalui rasio profitabilitas, yang mencerminkan efektivitas perusahaan dalam menghasilkan laba. Pendekatan komparatif digunakan untuk membandingkan kinerja keuangan dari tahun ke tahun untuk mengidentifikasi perubahan signifikan selama dan setelah pandemi. Penelitian ini juga berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya karena tidak hanya mengkaji periode waktu yang lebih baru, namun juga menggunakan pendekatan komparatif dengan fokus pada analisis rasio profitabilitas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perusahaan dalam merumuskan strategi keuangan yang lebih adaptif dan berkelanjutan di masa depan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Accusi (EISSN : 2620-5815) is a journal published by the Accounting Study Program, Faculty of Economics, Simalungun University which contains scientific articles on Accounting. The results of the research published in this journal are expected to increase the repertoire of knowledge in ...