KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Vol 13 No 2 (2024): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika

APLIKASI PANDUAN MUSEUM VIRTUAL PADA MUSEUM GEOLOGI BANDUNG BERBASIS ANDROID

Nurhayati, Sri (Unknown)
Kusnadi, Tri Bayu (Unknown)
Sujana, Aprianti Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi panduan museum virtual yang dapat memudahkan pengguna dalam memperoleh informasi tentang setiap koleksi objek museum di museum tersebut. Museum Geologi Bandung adalah museum yang sering menjadi tujuan wisata belajar bagi sekolah-sekolah di kota Bandung dan sekitarnya. Seringkali ketika jumlah kunjungan meningkat dan sumber daya manusia terbatas, terutama staf yang berperan sebagai pemandu wisata tidak mampu memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung. Dalam penelitian ini, aplikasi dirancang dengan menerapkan Teknologi Augmented Reality, di mana setiap pengunjung akan mendapatkan informasi tentang setiap objek museum dengan Quick Response Code (QR Code) yang telah ditempelkan pada objek koleksi museum. Ketika alat berhasil memindai kode QR, informasi virtual akan muncul di layar dan memberikan informasi. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dibuat, menunjukkan bahwa 100% fungsi aplikasi telah berjalan sesuai dengan analisis dan desain yang dibuat. Kontribusi penelitian ini adalah untuk memudahkan pengunjung museum dalam mendapatkan informasi tentang setiap objek di museum dengan memindai kode QR yang ada di sekitar objek museum.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komputa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah KOMPUTA (Komputer dan Informatika), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan Komputer dan Informatika. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan ...