Pendidikan merupakan aspek krusial dalam pembangunan daerah dan negara, mempengaruhi kualitas SDM dan kemajuan bangsa. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas sistem penilaian kinerja guru dan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan sarana dan prasarana di SDN 47 Cakranegara Mataram. Metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus digunakan, termasuk wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan sistem penilaian kinerja guru efektif dengan rata-rata persentase 79.8%, berdampak positif pada motivasi dan keterlibatan guru. Pengelolaan dana BOS juga efektif dengan rata-rata persentase 82.6%, terutama dalam dampak terhadap sarana pendidikan. Terdapat hubungan positif antara kedua faktor ini, di mana penilaian kinerja yang baik memotivasi guru untuk berkontribusi pada kebutuhan sarana, sementara pengelolaan dana BOS yang optimal memperbaiki fasilitas sekolah. Disarankan agar sistem penilaian diperbaiki dengan melibatkan lebih banyak umpan balik, dan pengelolaan dana BOS diperjelas agar lebih sesuai dengan kebutuhan sekolah. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan bagi pengelola pendidikan dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024