Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2023): Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (Agustus 2023 - Januari 2024)

Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk di IKM BMS Kota Gorontalo

Radji, Djoko Lesmana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar personal selling dan sales promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IKM BMS. Penelitian ini dilaksanakan di IKM BMS di Kelurahan Bulotadaa Barat, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo pada bulan Maret hingga April 2022. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan, personal selling dan sales promotion berpengaruh secara positif dan signifikn terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk IKM BMS. Secara parsial, variabel personal selling berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian variabel sales promotion berpengaruh secara positif juga dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk IKM BMS. Variabel personal selling merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk IKM BMS. Hal tersebut karena kemampuan tenaga penjual dalam memberikan informasi dan persuasi kepada konsumen serta pemberian insentif dengan berbagai macam pilihan alat seperti discount dan cashback sangatlah mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

er

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (e-ISSN: 2962-2743) merupakan jurnal nasional multidisiplin open access dan peer-reviewed yang diterbitkan oleh Transbahasa. Publikasi dalam jurnal ini mencakup artikel orisinal, review, maupun studi kasus yang memenuhi standar etika ilmiah. Fokus jurnal ...