Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja Puskesmas Kembangan jika diukur dengan pendekatan balanced scorecard. Balanced scorecard adalah teknik pengukuran kinerja yang komprehensif dengan mengukur kinerja organisasi berdasarkan aspek keuangan dan aspek non- keuangan yang menggunakan 4 perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perspektif keuangan yaitu pada rasio ekonomi dan rasio efektivitas dikategorikan baik, Pada perspektif pelanggan menunjukkan tingkat kepuasan pasien yang baik. Pada perspektif proses bisnis internal yang diukur dengan aspek sarana dan prasarana dan inovasi layanan menunjukkan kinerja yang baik. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu kepuasan karyawan dan produktivitas karyawan menunjukkan hasil kinerja yang baik. Dengan demikian secara keseluruhan dilihat dari empat perspektif balanced scorecard tersebut kinerja Puskesmas Kembangan telah mencapai hasil yang baik.
Copyrights © 2024