Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 11 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

INOVASI DAN DIFERENSIASI PRODUK DALAM PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA: IMPLIKASI BAGI KEBIJAKAN PEMASARAN

Waruwu, Ferdy Faith Christ (Unknown)
Sidauruk, Herlina Bernadecka (Unknown)
Nainggolan, Intan Anastasya (Unknown)
Matondang, Khairani Alawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Pasar persaingan tidak sempurna menuntut perusahaan untuk mengembangkan strategi inovasi dan diferensiasi produk yang komprehensif guna mempertahankan keunggulan kompetitif. Penelitian studi literatur ini menganalisis enam jurnal terkini untuk mengeksplorasi dinamika inovasi dan diferensiasi produk dalam berbagai sektor industri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian sistematis artikel dari Google Scholar dan Research Rabbit, dengan kriteria inklusi jurnal yang diterbitkan dalam rentang 2019-2024. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa inovasi produk berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas dan daya tarik produk, sementara diferensiasi membantu perusahaan membedakan tawaran mereka di pasar. Studi menunjukkan contoh konkret seperti strategi Eiger dengan eco-label, Honda Scoopy dengan desain modern, dan Erigo melalui inovasi fashion, yang berhasil menciptakan keunggulan kompetitif. Penelitian menyimpulkan bahwa integrasi inovasi dan diferensiasi produk merupakan pendekatan strategis untuk menghadapi tantangan pasar yang dinamis dan kompetitif. Kata Kunci : inovasi, diferensiasi, pasar persaingan tidak sempurna, kebijakan pemasaran, keunggulan kompetitif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...