Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 11 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PLATFORM E-COMMERCE DI INDONESIA

Rijal Athallah Kayana (Unknown)
Widarto Rachbini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisa bagaimana pengaruh kualitas layanan platform e-commerce terhadap kepuasan penggunanya. Sejalan dengan meningkatnya persaingan dalam industri e-commerce serta melonjaknya popularitas e-commerce bagi berbagai kalangan, pemahaman mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan menjadi sangat penting. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan melibatkan 280 responden yang merupakan pengguna aktif platform e-commerce di Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner Google Forms yang mengukur dimensi kualitas layanan, termasuk keandalan dan responsivitas. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemilik platform e-commerce untuk meningkatkan kualitas layanan mereka guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menyarankan perlunya strategi yang lebih terfokus dalam meningkatkan pengalaman pelanggan di era digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...