Diera digital saat ini pemanfaatan teknologi sangatlah penting dalam menunjang seluruh kegiatan agar dijalankan secara lebih efektif dan efisien, termasuk pada sektor Pendidikan atau belajar mengajar. IPB University telah mengembangkan dashboard atau portal mahasiswa berbasis website dan mobile apps untuk mendukung proses belajar mengajar. Salah satu portal mahasiswa IPB adalah Centralized Learning and Aptitude Support System IPB University atau biasa dikenal dengan Class IPB. Berdasarkan hasil analisis kuesioner yang dibantu oleh metode pareto dalam menentukan ruang lingkup perbaikannya, didapatkan hasil bahwa perbaikan yang harus dilakukan ada pada parameter stimulation, novelty dan perspicuity UX dan perbaikan untuk parameter informative, connectivity, simplicity, personalization, dan directional UI portal Class IPB. Dalam melakukan perbaikan portal CLASS IPB digunakan metode Design Thinking untuk membantu pemecahan masalah yang ada pada CLASS IPB dan menghasilkan sebuah inovasi yang berpusat pada manusia (human centered approach). Setelah melakukan brainstroming, dilakukan tahapan terakhit yaitu perancangan terhadap prorotype berupa design improvement untuk UI Class IPB.
Copyrights © 2024