Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan ulasan pelanggan terhadap minat beli konsumen di e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi penelitian ini adalah individu yang pernah menggunakan aplikasi e-commerce untuk melakukan pembelian produk secara online. Data yang digunakan mengambil sampel sebanyak 46 responden yang memenuhi syarat. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dengan berskala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan dapat mempengaruhi minat beli konsumen di e-commerce. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.846 menunjukkan bahwa ulasan pelanggan dapat memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 84,6%, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ulasan pelanggan lain yang telah melakukan pembelian produk dapat mempengaruhi minat beli calon konsumen untuk membeli produk yang telah diulas. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel lain yang relevan dan menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data yang lebih rinci.
Copyrights © 2024