Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH ULASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE

Chelsea Rizka (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan ulasan pelanggan terhadap minat beli konsumen di e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi penelitian ini adalah individu yang pernah menggunakan aplikasi e-commerce untuk melakukan pembelian produk secara online. Data yang digunakan mengambil sampel sebanyak 46 responden yang memenuhi syarat. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dengan berskala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan dapat mempengaruhi minat beli konsumen di e-commerce. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.846 menunjukkan bahwa ulasan pelanggan dapat memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 84,6%, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ulasan pelanggan lain yang telah melakukan pembelian produk dapat mempengaruhi minat beli calon konsumen untuk membeli produk yang telah diulas. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel lain yang relevan dan menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data yang lebih rinci.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...