Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 5 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM KAMPUNG TAHU DI KOTA KEDIRI DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Wicaksono, Satrio (Unknown)
Ayuanti, Rafikhein Novia (Unknown)
Rahmawati, Zulfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Abstract This study aims to determine the influence of word of mouth on purchasing decisions in UMKM Kampung Tahu in Kediri City with purchase interest as a moderating variable. The analysis techniques used are outer model analysis, inner model analysis and hypothesis testing. The sample in this study was 100 respondents and used Non-probability sampling for sampling. The results of the study indicate that word of mouth has a positive and significant effect on purchase interest. This is evidenced by the T-Statistic value of 14,883 which is greater than Ttable 1.96 with a small P-Value value of 0.000 <0.05. word of mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions. This is evidenced by the T-Statistic value of 2,008 which is greater than Ttable 1.96 with a small P-Value value of 0.045 <0.05. Purchase interest has a positive and significant effect on purchasing decisions. This is proven by the T-Statistic value of 24.037 which is greater than Ttable 1.96 with a small P-Value of 0.000 <0.05. Word of mouth indirectly has a positive and significant effect on purchasing decisions through purchase interest as a moderating variable because the t-statistic value of 14.910 is greater than the t-table value of 1.96 with a p-value of 0.000 which is smaller than 0.05. Keywords: Word of Mouth, Purchasing Decisions, and Purchase Interest Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian pada umkm kampung tahu di kota Kediri dengan minat beli sebagai variabel moderasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis outer model, analisis inner model dan pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan menggunakan Non probability sampling untuk pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai T-Statistic 14.883 lebih besar dari Ttabel 1,96 dengan nilai P-Value yang kecil 0.000 < 0,05. word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai T-Statistic 2.008 lebih besar dari Ttabel 1,96 dengan nilai P-Value yang kecil 0.045 < 0,05. Minat beli berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan pada dengan nilai T-Statistic 24.037 lebih besar dari Ttabel 1,96 dengan nilai P-Value yang kecil 0.000 < 0,05. Word of mouth secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel moderasi karena nilai t-statistic 14.910 yang lebih besar nilai t tabel 1,96 dengan nilai p-values sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci : Word of Mouth, Keputusan Pembelian, dan Minat Beli

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...