Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 6 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH PENGETAHUAN, KUALITAS LAYANAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KLUB BERKUDA

Taqiyyuddin, Muhammad (Unknown)
Arafah, Willy (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

This study examines the influence of subjective consumer knowledge, service quality perception, and customer satisfaction on customer loyalty in equestrian sports clubs in West Java. A quantitative approach with a causal design was employed to identify the relationships between variables. Data were collected from 160 respondents who are members of equestrian sports clubs using a Likert-scale-based questionnaire. The results indicate that consumer knowledge significantly influences service quality perception (p = 0.000) and customer satisfaction (p = 0.044). Service quality perception significantly affects customer loyalty (p = 0.000), while customer satisfaction does not significantly influence customer loyalty (p = 0.098). This study highlights the importance of improving consumer knowledge and service quality in building customer loyalty, although satisfaction is not the primary predictor. Managerial implications suggest enhancing consumer education, staff training, and more effective customer retention strategies to boost loyalty. Penelitian ini mengkaji pengaruh pengetahuan subjektif konsumen, perspektif kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen di klub olahraga berkuda di Jawa Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel. Data dikumpulkan dari 160 responden yang merupakan anggota klub olahraga berkuda menggunakan kuesioner berbasis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap perspektif kualitas pelayanan (p = 0,000) dan kepuasan konsumen (p = 0,044). Perspektif kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (p = 0,000), sedangkan kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (p = 0,098). Studi ini menyoroti pentingnya peningkatan pengetahuan konsumen dan kualitas pelayanan dalam membangun loyalitas pelanggan, meskipun kepuasan tidak menjadi prediktor utama. Implikasi manajerial disarankan untuk meningkatkan pendidikan konsumen, pelatihan staf, dan strategi retensi pelanggan yang lebih efektif untuk meningkatkan loyalitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...