Loyalitas konsumen merupakan indikator utama dalam kepuasan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ketika konsumen merasa puas akan cenderung tetap loyal terhadap produk atau layanan tersebut, serta berpotensi merekomendasikannya kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produk, harga, promosi, dan lokasi dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan sebab-akibat antara variabel bebas (independen) seperti produk, harga, promosi, lokasi, dan variabel terikat (dependen) seperti loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik convenience sampling berdasarkan kemudahan dan ketersediaan siapa saja konsumen RM. Uda Wandi cabang Srikana Airlangga yang pernah sebelumnya mengunjungi dan langganan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 107 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel (produk, harga, promosi, dan lokasi) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dengan demikian, data menunjukkan bahwa kombinasi produk berkualitas, harga kompetitif, promosi efektif, dan lokasi strategis telah menciptakan proposisi nilai yang kuat bagi konsumen, dan tingkat loyalitas yang tinggi yaitu 85% responden tetap memilih RM. Uda Wandi meskipun ada penawaran dari kompetitor.
Copyrights © 2024