Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 8 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Angginar Sarastika (Unknown)
Alya Isti Yulfa (Unknown)
Rahmadita Alfiana Wardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Airlangga. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 110 mahasiswa sebagai sampel, yang dipilih secara acak dari berbagai fakultas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai R Square sebesar 69%, yang berarti sebagian besar variasi kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan publik. Berdasarkan temuan ini, Universitas Airlangga direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan strategi berbasis peningkatan responsivitas, transparansi, dan fasilitas kampus. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa serta memperkuat daya saing universitas di tingkat nasional maupun internasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...