Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 10 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH FEAR OF MISSING OUT DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GENERASI Z

Kurniawati, Annastika Defi (Unknown)
Amalia, Jasmine Medina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) dan Financial Literacy terhadap Impulse Buying pada Generasi Z, khususnya Gen Z yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi. Sebanyak 106 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS Statistics versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua indikator valid, dan data memenuhi uji asumsi klasik, termasuk terdistribusi normal, bebas multikolinearitas, serta tidak mengalami heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian, variabel Fear of Missing Out (FOMO) terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Sebaliknya, variabel Financial Literacy tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Impulse Buying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...