Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas X dan XI SMK PGRI 1 PASURUAN. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 32 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik, dengan tingkat signifikan yang sangat kuat. Secara keseluruhan, model regresi yang digunakan dinyatakan valid dan cukup kuat, karena mampu menjelaskan sebesar 69% variasi dalam Prestasi Akademik, sementara sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun model regresi memberikan gambaran yang baik tentang hubungan antara variabel-variabel yang dianalisis, terdapat faktor eksternal lain yang juga berkontribusi terhadap Prestasi Akademik siswa, seperti lingkungan belajar, kualitas pengajaran, dukungan keluarga, dan faktor psikologis lainnya.
Copyrights © 2025