Pertumbuhan industri perbankan Syariah cukup berkembang dengan pesat, meskipun mengalami peningkatan, namun tetap ada tantangan yang harus dihadapi, salah satunya keterbatasan pengetahuan masyarakat atau nasabah terhadap produk-produk Bank Syariah dalam menangani hambatan tersebut tentu sudah banyak solusi yang ditawarkan salah satunya dengan kegiatan promosi. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan yaitu bagaimana pengaruh teknik promosi Direct dan Indirect Marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik promosi Direct dan Indirect Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Barabai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental yang merupakan bagian dari nonprobability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebesar 96 orang berdasarkan dari rumus Remeshow dari teori Riduan dan Akson. Hasil penelitian ini menunjukkan dari uji hipotesis terdapat pengaruh teknik promosi Direct marketing (X1) dan Indirect Marketing (X2) dalam meningkatkan loyalitas (Y) nasabah bank syariah Indonesia KCP Barabai. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho di tolak. Teknik Direct dan Indirect Marketing berpengaruh secara positif dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Barabai.
Copyrights © 2025