Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik
Vol 7, No 3 (2024): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan

ANALISIS PROSES PENGADAAN BARANG/JASA DALAM MELAKUKAN PEMILIHAN PENYEDIA PENGADAAN DI LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

Permana, Rahadian (Unknown)
Novel, Nurillah Jamil Achmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alur dari proses pengadaan barang/jasa yang ada di Lembaga Administrasi Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian “kualitatif” melalui observasi, partisipasi aktif, dan wawancara pada Bagian Umum dan Layanan Pengadaan Lembaga Administrasi Negara. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa Pengadaan barang/jasa yang ada pada Lembaga Administrasi Negara memiliki dua metode yang dilakukan, yaitu dengan menggunakan metode Tender/Seleksi/Pengadaan Langsung/Penjunjukan Langsung dan metode E-Purchasing untuk mendapatkan penyedia barang/jasa. Metode ini dilakukan berdasarkan situasi yang ada pada keadaan tertentu dengan beberapa persyaratan pada penyedia yang dipilih, sehingga alur yang dilakukan Lembaga Administrasi Negara dalam melakukan proses pengadaan barang/jasa harus ditangani oleh beberapa pejabat untuk memastikan bahwa data, dokumen, dan keaslian yang dimiliki penyedia barang jasa sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode e-purchasing lebih efektif karena metode e-purchasing dapat menjadikan kegiatan pengadaan yang transparan, efisien, adil, efektif, dan akuntabel. The purpose of this research is to find out the flow of the goods/services procurement process at the National Institute of Public Administration. The research method used is a “qualitative” research method through observation, active participation, and interviews at the General Section and Procurement Services of the National Institute of Public Administration. The results of the research conducted that the existing goods/services procurement at the National Institute of Public Administration has two methods carried out, namely by using the Tender / Selection / Direct Procurement/ Direct Appointment method and the E-Purchasing method to obtain goods/services providers. This method is carried out based on the situation that exists in certain circumstances with several requirements on the selected provider so that the flow carried out by the National Institute of Public Administration in carrying out the goods/services procurement process must be handled by several pfficials to ensure that the data, documents, and authenticity owned by the goods/services provider are by existing provisions. Based on the research results the e- purchasing method is more effective because the e0purchasing method can make procurement activities transparent, efficient, fair, effective, and accountable.

Copyrights © 2024