Muhibbul Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 4 No. 2 (2024): MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Kontribusi Ilmu Nahwu Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab yang Lebih Baik

Rohmah, Hafidhotur (Unknown)
Dimyathi, Muhammad Afifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berisikan urgensi ilmu nahwu terhadap pembelajaran Bahasa Arab khusus nya pada keterampilan membaca yang didasarkan kepada kurangnya pemahaman pelajar terhadap kontribusi dan pentingnya mempelajarai Ilmu Nahwu. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan terkait kontribusi atau peran ilmu nahwu terhadap keterampilan membaca Bahasa Arab yang lebih baik dan diharapkan juga agar dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pemahaman terkait ilmu nahwu, terkhusus bagi para pelajar Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya keterampilan membaca yang baik ditunjang dengan adanya pemahaman terhadap Ilmu Nahwu yang mencakup tentang struktur kalimat (اعراب), jenis kalimat, penggunaan tanda baca yang tepat, serta kajian Ilmu Nahwu yang lain yang dapat mempengaruhi perolehan makna teks berbahasa Arab. Pemahaman terhadap ilmu nahwu maka akan dapat meningkatkan keterampilan membaca yang baik dan mempermudah dalam menangkap isi, makna, ataupun kandungan dari informasi berbahasa Arab. This research discusses the importance of nahwu (Arabic grammar) in Arabic language learning, particularly in reading skills, which is based on the students' lack of understanding of the contribution and significance of studying Nahwu. The purpose of this study is to provide additional insights and knowledge regarding the contribution or role of Nahwu in improving Arabic reading skills, and it is also expected to raise awareness of the importance of understanding Nahwu, especially for Arabic language learners. This research is a qualitative study using literature review, interviews, and observations as data collection techniques. The results of this study indicate that good reading skills are supported by an understanding of nahwu, which includes sentence structure (اعراب), sentence types, proper punctuation, and other aspects of nahwu that affect the interpretation of Arabic texts. A good understanding of nahwu can enhance reading skills and make it easier to grasp the content, meaning, or substance of information in the Arabic language.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pba

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aims And Scope MUHIBBUL ARABIYAH welcomes scholars, researchers, and practitioners of Arabic education to submit scientific articles to be published in this journal. Experts will review all papers before being accepted for publication. Each author is responsible for the content of published ...