MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 14, No 2 (2024): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PADA PROGRAM CSR DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PT MANE INDONESIA

Rinaldy, Reza Okta (Unknown)
Kholisoh, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Dalam menumbuhkan ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat diperlukannya pemerataan pembangunan industri. Pada saat proses pembangunannya perlu diperhatikannya juga dampak yang terjadi seperti limbah yang dihasilkan perusahaan dalam proses produksi yang dimana dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat maupun lingkungan. Dalam hal ini perusahaan harus bertanggung jawab atas dampak yang disebabkan dengan adanya pembangunan industri tersebut. Dimana perusahaan harus berpartisipasi dalam pemberdayaaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam menmbantu memberika solusi atas isu yang terjadi di lingkungan masyarakat melalui program CSR. Penelitian ini membahas tentang penerapan komunikasi pembangunan PT MANE Indonesia dalam upaya memberdayakan masyarakat melalui program CSR (Coorporate Social Responsibility). Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisa penerapan komunikasi pembangunan PT MANE Indonesia kepada masyarakat yang terlibat dalam program CSR tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus hal ini dilakukan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan sebagai unit sosial untuk mendapatkan hal tersebut peneliti menggunakan wawancara semi struktur (indepth-interview). Hasil penelitian ini peneliti mendapatkan dalam melakukan penerapan komunikasi pembangunan diperlukannya manajemen komunikasi yang terdiri dari perecanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Dari hasil penelitian ditemukan model komunikasi yang terjadi antara masyarakat dan pihak pelaksana yakni model komunikasi konvergen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...