Journal of Education and Pedagogy
Vol. 1 No. 1 (2024): April

Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Yuliana Yuliana (SDN 1 Mojopanggung)
Pradipta Pangastuti (SDN 1 Mojopanggung)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan bagi pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Salah satu inovasi yang dapat diimplementasikan dalam kerangka kurikulum ini adalah pembelajaran berbasis proyek. Metode ini tidak hanya mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini mengidentifikasi berbagai praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan metode ini. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi belajar, kolaborasi antar siswa, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang pengalaman belajar yang lebih inovatif dan efektif di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...