Penggunaan seluruh potensi individu dalam aktivitas belajar akan mengakibatkan terjadi perubahan perilaku tertentu. Menurut Rusman (2017) aktivitas belajar terjadi dalam satu konteks perencanaan untuk mencapai suatu perubahan. Melalui kerja sama dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat merangsang dan membentuk peserta didik secara keseluruhan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada mata kuliah Pembelajaran Mikro. Metode penelitian menggunakan Classrom Action Research (CAR), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sintaks PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran mikro dengan Gain Indeks sebesar 0,75.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021