Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 8, Issue 2, Agustus 2021

PERAN AKTIVITAS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Riana T. Mangesa (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Mustari S. Lamada (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Mardiana Mardiana (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penggunaan seluruh potensi individu dalam aktivitas belajar akan mengakibatkan terjadi perubahan perilaku tertentu. Menurut Rusman (2017) aktivitas belajar terjadi dalam satu konteks perencanaan untuk mencapai suatu perubahan. Melalui kerja sama dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat merangsang dan membentuk peserta didik secara keseluruhan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada mata kuliah Pembelajaran Mikro. Metode penelitian menggunakan Classrom Action Research (CAR), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sintaks PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran mikro dengan Gain Indeks sebesar 0,75.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...