cover
Contact Name
Hendra Jaya
Contact Email
hendra.jaya@unm.ac.id
Phone
+6282336176719
Journal Mail Official
mudarris@unm.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar Parangtambung, Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
ISSN : 23563958     EISSN : 27217612     DOI : -
Core Subject : Engineering,
1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in TVET
Articles 120 Documents
Pengembangan Aplikasi Pelindung Perempuan Pada Pendidikan Vokasi Rafsanjani Rafsanjani; Nuurshofiah Sutisna
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 1, Februari 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The acts of violence and harassment experienced by women on social media can be found easily in social media comments. Comments given by other people can have a very bad effect on the owner of the social media. The forms of violence and harassment against women on social media may not directly affect the victim physically, but will have an impact on the psychological victim. The psychological impact of the experience of violence on women is generally indicated by the act of looking at yourself negatively, blaming yourself a lot, and feeling negative feelings that arise. And the worst effect is to end one's life. Hi this is of course very unfortunate if it happens and continues to increase. Women who are victims of violence and harassment on social media not only suffer psychologically, but will also experience prolonged trauma that does not rule out the possibility of ending up with suicide attempts..
KUALITAS RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KERJA INTEGRASI TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT, KNOWLEDGE) MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG Darlan Sidik
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 1, Februari 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama artikel adalah rendahnya kualitas rancangan pembelajaran yang berpijak pada kerangka kerja integrasi TPACK buatan Dosen Prodi Teknik Elektronika dan Teknik Elektro FT UNM (PTA, PTE FT-UNM) yang digunakan dalam pembelajaran elektronika analog. Tujuan adalah untuk mengetahui rancangan pembelajaran yang berpijak kerangka kerja integrasi TPACK buatan dosen yang digunakan dalam pembelajaran elektronika analog. Metode adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh rancangan pembelajaran kerangka kerja integrasi TPACK mata kuliah elektronika analog. Populasi adalah seluruh rancangan pembelajaran mata kuliah elektronika yang terdokumentasikan pada prodi Pendidikan Teknik Elektronika (PTA) dan Prodi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) pada tahun kuliah 2019/2020. Sampel yang diteliti adalah semua rancangan pembelajaran buatan dosen PTA dan PTE, sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu rancangan pembelajaran menggunakan kerangka kerja integrasi TPACK dan variabel terikat adalah mata kuliah elektronika analog . Data diperoleh dengan menggunakan lembar instrument kualitas rancangan pembelajaran dengan mencocokkan kerangka kerja menggunakan instrumen indikator. Tahapan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase dan kriteria kuantitatif (Sangat baik, baik, kurang, dan sangat kurang). Hasil menunjukkan bahwa kualitas rancangan pembelajaran kerangka kerja integrasi TPACK adalah: (1) Content knowledge (CK) sebesar 74.25% dengan kategori baik, (2) pedagogical knowledge (PK) sebesar 52.31% dengan kategori cukup, (3) technological knowledge (TK) sebesar 40,93% kategori kurang, (4) Technological content knowledge (TCK) sebesar 64.29% kategori baik, (5) pedagogical conten knowledge (PCK) sebesar 51,3%, kategori kurang, dan (6) technological pedagogical knowledge (TPK) sebesar 62,3% kategori baik, dan TPACK sebesar 51,3% kategori cukup. Simpulan hasil ini menunjukkan bahwa kerangka kerja Technological knowledge (TK) memerlukan kajian khusus karena masih berada pada kategori kurang, sedangkan kerangka kerja lainnya berada pada kategori dari cukup hingga baik sehingga rancangan pembelajaran yang dibuat oleh dosen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada prodi PTA,PTE FT UNM.
PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Titha Tri Handayani; Akshari Tahir Lopa
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 1, Februari 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan praktik kerja industri yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar; 2) menguraikan kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar; 3) menjelaskan pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian merupakan ex post facto. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar angkatan 2014, 2015, dan 2016 yang telah mengikuti praktik industri dengan total jumlah 148 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan pengambilan secara acak. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan praktik kerja industri yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori tinggi. Maka dapat diketahui bahwa hampir seluruh mahasiswa telah melakukan praktik kerja industri dengan optimal; 2) Kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori tinggi. Maka dapat diketahui hampir seluruh mahasiswa telah siap bekerja setelah lulus; 3) Terdapat pengaruh antara praktik kerja industri terhadap kesiapan menghadapi dunia kerja mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar. Sebesar 61,7% kesiapan kerja siswa dipengaruhi oleh Praktik Kerja Industri.
APLIKASI CIKUR UNTUK MENGIDENTIFIKASI BLIND CODE TACTILE EFFECT TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA DI SLB PEMBINA SULAWESI SELATAN Zulhajji, Zulhajji; Fahmi, Moghina
Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan) Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/mkpk.v8i2.6240

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan prototype. Tujuan penelitian berupa pengembangan aplikasi CIKUR bagi siswa tunanetra, mengetahui tingkat kelayakan aplikasi, dan mengetahui tanggapan pengguna terhadap pengembangan aplikasi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, danpengisian kuesioner oleh responden. Hasil pengujian aplikasi diperoleh dengan menganalisis aspek- aspek pada functionality dan usability berdasarkan standar ISO 25010. Hasil pengembangan aplikasi CIKUR berupa dua komponen utama yaitu menu scan dan menu about. Dari hasil pengujian functionality diperoleh kelayakan aplikasi dengan presentase 100% dengan kategori layak diterima. Hasil pengujian usability memperoleh persentase sebanyak 90% dengan frekuensi 18 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase 10% dengan frekuensi 2 dan termasuk dalam kategori baik.
DIMENSI KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG Darlan Sidik
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama artikel adalah kurang efektifnya penyelesaian masalah yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dan cenderung penyelesaiannya coba-coba. Tujuan adalah untuk mengetahui efektivitas dimensi keterampilan berpikir komputasi terhadap pemecahan masalah pembelajaran elektronika analog bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM. Metode penelitian menggunakan eksplanasi dengan pendekatan kuantitaif yang didasarkan pada hasil perhitungan besaran nilai dari dokumen tes dan observasi yang ditampilkan dengan memprediksi sampel secara khusus hubungan antara dimensi keterampilan berpikir komputasi terhadap perolehan belajar konsep elektronika analog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi keterampilan berpikir komputasi Decomposition dengan nilai t-hitung sebesar 0.817, Algortihms 3.067, Pattren Recognitio 0.536, dan Abstraction 0.314. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa demensi keterampilan berpikir Algorithms memberi hubungan yang kuat terhadap hasil belajar konsep elektronika analog, diikuti dimensi keterampilan berpikir komputer lainnya untuk menyelesaikan masalah pembelajaran elektronika analogi bagi mahasiswa prodi PTA FT UNM.
PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN PENILAIAN KELAYAKAN STRUKTUR BANGUNAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Jumaliati Jumaliati; Moh. Junaedy R.; Anas Arfandi
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun modul pembelajaran penilaian kelayakan struktur bangunan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar, presentase respon peserta didik terhadap modul, serta validitas modul pembelajaran pembelajaran penilaian kelayakan struktur bangunan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar. Penyususnan modul pembelajaran dilakukan agar mempermudah peserta didik dan tenaga pendidik dalam melakukan proses pembelajaran. Berdasarkan validasi oleh ahli media dan ahli materi modul ini dinyatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji coba terhadap mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil Perencanaan Universitas Negeri Makassar didapatkan hasil presentase yaitu 86,50% sehingga modul dinyatakan dalam kategori sangat baik.
PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DI SMKN 2 MAROS Muh Arifuddin; Anas Arfandi; Panennungi T.
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom terhadap minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Selain itu untuk mengetahui penerapan aplikasi Google Classroom dan menguraikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Maros tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas XI DPIB dengan jumlah sampel 30 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan aplikasi google clasroom sudah baik, namun minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi masuk dalam kategori rendah. Dari analisis data diperoleh persamaan Y=13.722+0.652X+e, nilai t hitung sebesar 8,818 dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel 2,048 maka Ha diterima dan Ho di tolak artinya ada pengaruh antara penerapan aplikasi google classroom terhadap minat belajar siswa dengan nilai R2 sebesar 73,5%.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI JURUSAN DPIB SMK NEGERI 3 MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Raden Safhira Fadilillah Sopian; Anas Arfandi; Taufiq Natsir
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas dalam penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, khususnya pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Selain itu untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Makassar tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas XI DPIB dengan jumlah sampel 31 siswa. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan dan pemahaman pembelajaran daring sudah baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan dan hambatan pada pelaksanaannya. Dari analisis data hasil tes, bahwa hasil tes yang telah dilakukan kepada 31 siswa adalah 8 siswa memiliki kecenderungan sangat tinggi, 9 siswa memiliki kecenderungan tinggi,. 13 siswa memiliki kecenderungan rendah. 1 siswa memiliki kecenderungan sangat rendah. Ketuntasan secara individu siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 orang, sedangkan 24 lainnya tidak tuntas. Dengan demikian Efektifitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI DPIB termasuk dalam kategori rendah dan menunjukkan hasil yang tidak efektif.
THE IMPACT OF COVID-19 PANDEMIC ON LEARNING IN INDONESIA Agustin Kurniawati
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

COVID-19 has serious impacts on various sectors, including educational system. This writing aims to see the impact of the Covid-19 pandemic on learning in Indonesia. As for the background of this writing because how Covid-19 pandemic has a tremendous impact on education, such as learning methods, students’ achievement, and teachers’ struggles. Many schools around the world are closed to stop the spreading of Covid-19 virus. Even though there is a pandemic, the learning process must run smoothly so that education does not go out. With the help of the internet, online learning will be easier to do even though there are still some obstacles in its implementation. The government has begun to decide to implement a policy to close schools and begin to apply learning methods with an online system (from home). However, this has several impacts for students as well for teachers. Therefore, there must be some efforts or solutions to solve the problems for the educational system as well as new learning methods.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MASYARAKAT MENGGUNAKAN ENERGY LISTRIK YANG HEMAT DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN: (Studi Kasus Pada Kompleks Perumahan Type 70 Kota Makassar) Alimuddin Sa’ban Miru; Aminuddin Bakry; Andi Imran; Hilda Ashari
Jurnal MEKOM : Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan Volume 8, Issue 2, Agustus 2021
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menemukan pengetahuan tentang energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan, sikap terhadap energy listrik, dan motivasi menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan masyarakat yang menghuni rumah type 70 di Kota Makassar; (2)untuk menemukan perilaku masayarakat menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan pada masyarakat yang menghuni rumah type 70 di Kota Makassar ; (3) untuk menemukan pengaruh pengetahuan tentang energy listrik yang berwawasan lingkungan, sikap terhadap energy listrik, dan motivasi menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama terhadap perilaku masyarakat menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan yang menghuni rumah type 70 di Kota Makassar. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional berlokasi pada kompleks perumahan type 70 di Kota Makassar. Besarnya sampel adalah 50 kepala keluarga dipilih dengan metode Purposive random sampling. Hasil Penelitian adalah (1) Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi masyarakat yang menghuni pada perumahan type 70 di Kota Makassar menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan berada pada kategori sedang, (2) Perilaku masyarakat yang menghuni pada perumahan type 70 di Kota Makassar menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan berada pada kategori sedang, (3) Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi masyarakat yang menghuni pada perumahan type 70 di Kota Makassar menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan berpengaruh secara signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan.

Page 1 of 12 | Total Record : 120