Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 9, Issue 2, Agustus 2022

EVALUASI TINGKAT PENCAPAIAN KURIKULUM DI UPT SD NEGERI 098 MATOTO KEC. MASAMBA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mustari Lamada (Jurusan Teknik Informatka dan Komputer Universitas Negeri Makassar)
Syamsurijal Syamsurijal (Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar)
Syarifah Azzahrah (Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah bahwa terjadi penurunan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan hasil angket, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketercapaian kurikulum, hasil belajar siswa serta faktor pendukung dan hambatan belajar selama masa Covid-19. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI sebanyak 44 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, V, VI A, VI B dengan teknik Syimple Random Sampling. Pengumpulan data masing-masing kelas dibagikan dan kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi kurikulum dan hasil belajar di SD Negeri 098 Matoto termasuk dalam kategori “Tercapai”. Dengan ini, Sekolah 098 Matoto telah memenuhi empat kriteria: adanya materi/isi yang relevan dengan tujuan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, dan penggunaan media dalam berbagai format seperti teks, video, gambar visual, multimedia, dan multimedia yang dapat terjadi baik secara synchronous maupun asynchronous. Hasil belajar yang dicapai siswa di SD Negeri 098 Kecamatan Matoto Masamba selama masa pandemi mengalami penurunan. Faktor pendukung pencapaian kurikulum dan hasil belajar di SD Negeri 098 Kecamatan Matoto Masamba Kabupaten Luwu Utara ada 3 yaitu disiplin dan tanggung jawab guru sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, dukungan orang tua, handphone dan kuota. Faktor penghambat pembelajaran online adalah kondisi jaringan yang kurang memadai dan kemalasan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...