Penelitian ini dilatarbelakangi masalah bahwa terjadi penurunan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan hasil angket, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketercapaian kurikulum, hasil belajar siswa serta faktor pendukung dan hambatan belajar selama masa Covid-19. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI sebanyak 44 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, V, VI A, VI B dengan teknik Syimple Random Sampling. Pengumpulan data masing-masing kelas dibagikan dan kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi kurikulum dan hasil belajar di SD Negeri 098 Matoto termasuk dalam kategori “Tercapai”. Dengan ini, Sekolah 098 Matoto telah memenuhi empat kriteria: adanya materi/isi yang relevan dengan tujuan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, dan penggunaan media dalam berbagai format seperti teks, video, gambar visual, multimedia, dan multimedia yang dapat terjadi baik secara synchronous maupun asynchronous. Hasil belajar yang dicapai siswa di SD Negeri 098 Kecamatan Matoto Masamba selama masa pandemi mengalami penurunan. Faktor pendukung pencapaian kurikulum dan hasil belajar di SD Negeri 098 Kecamatan Matoto Masamba Kabupaten Luwu Utara ada 3 yaitu disiplin dan tanggung jawab guru sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, dukungan orang tua, handphone dan kuota. Faktor penghambat pembelajaran online adalah kondisi jaringan yang kurang memadai dan kemalasan siswa.
Copyrights © 2022