Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 5, Issue 2, Agustus 2018

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWADI DI JURUSAN PKK FT UNM

Syamsidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model STADuntuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and development). Penelitian pengembangan ini mengadopsi model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan(design), tahap pengembangan (development)dan tahap penyebaran (disseminate). Dalam tahap pengembangan dilakukan validasi ahli. Penelitian ini dirancang berlangsung satu tahun, dan menghasilkan desain prototipe awal perangkat-perangkat pembelajaran, selanjutnya mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran Mata Kuliah piranti dapur, uji coba, evaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran STAD efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa.Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu keterlaksaan pembelajaran yang diamati oleh tiga orang observer dan hasil penilaian angket kreativitas mahasiswa. Selanjutnya, diperoleh produk/ perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan kategori valid, efektif dan praktis serta diapresiasi baik oleh pengampu mata kuliah dasar boga. Produk perangkat pembelajaran berupa RPP-STAD, dan buku ajar untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...