Tujuan penelitian dalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa Dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan dari kemampuan awal, dan untuk mendeskripsikan perbandingan karakteristik kesalahan siswa Dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tugas pemecahan soal matematika dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Subjek penelitian adalah siswa UPT SPF SDN Sangir Makassar yang terdiri dari dua orang subjek yaitu subjek tinggi dan subjek rendah. Proses penelitiannya mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator kesalahan (b) pedoman wawancara, (c) menetapkan dan mengambil subjek penelitian (d) melakukan pengambilan data (e) melakukan triangulasi data yang valid, (f) melakukan analisis dan pembahasan data, (g) penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada perbedaan secara signifikan antara kesalahan yang dilakukan subjek tinggi dan subjek rendah dalam pemecahan soal matematika, 2) kesalahan yang dilakukan kedua subjek dalam pemecahan soal matematika pada tiap tahapan adalah: a) memahami soal. Pada tahapan ini, kedua subjek melakukan karakteristik kesalahan faktual dalam memahami fakta-fakta secara eksplisit, b) merencanakan penyelesaian. Pada tahapan ini, kedua subjek mengalami karakteristik kesalahan fakta dalam menuliskan model matematika, c) mengimplementasikan penyelesaian. Pada tahapan ini, kedua subjek melakukan karakteristik kesalahan operasi dalam menyelesaian model matematika
Copyrights © 2024