Rancangan sebuah pengembangan disiplin ilmu merupakan hal yang sudah menjadi tuntutan seiring dengan perkembangan teknologi. Dalam pengajaran bahasa Inggris rancangan pengembangan pembelajaran bahasa dengan pendekatan komunikatif dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penerapan struktur bahasa Inggris menjadi tuntutan seiring dengan semakin pesatnya penggunaan bahasa Inggris dikalangan masyarakat. Di dalam pendekatan komunikatif, pembelajaran English grammar sangat tepat jika diberikan pada tahap pra-komunikatif. Dengan menguasai linguistics competence terlebih dahulu, dengan demikian  diharapkan penguasaan communicative competence akan tercapai, pengelolaan kelas dalam pembelajaran English grammar harus mengandung kegiatan yang komunikatif dan metode metode  yang dirancang untuk memperkuat pemahaman English grammar yang telah dimiliki pemelajar sebelumnya yang tentu saja disesuaikan dengan tingkat penguasaan English Grammar pembelajar, sehingga pembelajaran menjadi efektif. Komunikatif bukanlah pendekatan yang kaku sehingga setidaknya pendekatan mempunyai tiga parameter, yaitu kekhasan (particularity), kepraktisan (practicality), dan ketermungkinan (possibility).                        Â
Copyrights © 2016