Pemasaran berperan penting dalam berjalannya suatu usaha seperti usaha pengolahan pupuk organic dari limbah kotoran sapi. Dalam pemasaran memerlukan dukungan konsep pemasaran berupa marketing mix yang mencakup produk, harga, promosi, dan distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran dengan tenik marketing mix Desa Rumbio, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah deskriptif Kuantitatif dengan menggambarkan suatu keadaan yang terjadi secara factual, sistematis, dan akurat. Pemasaran dengan teknik marketing mix yang dilakukan di Desa Rumbio adalah memproduksi pupuk organic dari limbah kotoran sapi potong, untuk menentukan harga dengan menggunakan biaya mark-up, promosi dilakukan secara online (facebook, instagram, dan whatsapp) dan offline (brosur, mulut ke mulut) sedangkan distribusi dilakukan dari produsen langsung ke konsumen. Hasil penelitian menunjukkan dengan keempat variable teknik marketing mix ini saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain.Pemasaran pupuk organic seharusnya dilakukan dengan keempat variable tersebut agar menguntngkan para peternak apabila memasarkan kotoran sapi yang diolah menjadi pupuk organic.
Copyrights © 2021