Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan dampaknya pada pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Oto Iskandar Dinata Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Rumah Sakit Umum Daerah Oto Iskandar Dinata Kabupaten Bandung dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya di Unit Rawat Jalan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner yang disertai dengan teknik observasi dan literatur, teknik pengambilan sampelnya menggunakan konsekutif sampling. Pengumpulan data di lapangan akan dilakukan pada tahun 2022. Teknik analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Oto Iskandar Dinata Kabupaten Bandung terhadap kualitas pelayanan, kepuasan, dan kepercayaan pasien relatif baik. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan pasien, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan pasien melalui kepuasan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Oto Iskandar Dinata Kabupaten Bandung.
Copyrights © 2023