Penelitian ini bertujuan mengkaji peran perguruan tinggi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang esensial bagi pembangunan nasional. Kualitas pendidikan tinggi sangat dipengaruhi oleh kompetensi dan profesionalisme dosen, yang dapat dilihat dari kinerjanya. Studi ini menganalisis pengaruh kompetensi dan profesionalisme terhadap kinerja dosen di STIE Pembangunan Tanjungpinang, baik secara bersama-sama (simultan) maupun secara terpisah (parsial). Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dan eksplanatif dengan sampel yang diambil secara purposive sampling, yaitu dosen dengan NIDN sebanyak 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan profesionalisme dosen di STIE Pembangunan Tanjungpinang mendapat tanggapan positif. Kinerja dosen juga dinilai baik. Secara simultan, kompetensi dan profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, namun secara parsial kompetensi memiliki pengaruh lebih dominan. Kontribusi kompetensi terhadap kinerja dosen sebesar 23,8% yang mencakup pengaruh langsung (9,5%) dan pengaruh tidak langsung melalui profesionalisme (14,3%). Sementara itu, profesionalisme menyumbang 42,7% terhadap kinerja dosen, dengan pengaruh langsung sebesar 28,4% dan tidak langsung sebesar 14,3%. Mutu dosen terbukti menjadi faktor utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan tinggi, termasuk kinerja mahasiswa. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi dan profesionalisme dosen merupakan prioritas penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi.
Copyrights © 2024