Salah satu pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit. Keberadaan rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan diatur dalam Undang-Undang No.44 tahun 2009. Rumah sakit berperan penting dalam sistem pelayanan kesehatan dan merupakan institusi pelayanan kesehatan yang memiliki staf profesional medis yang terorganisir, dan fasilitas rawat inap, dengan memberikan pelayanan medis, keperawatan dan layanan terkait 24 jam per hari, 7 hari per minggu dan memberikan pelayanan kesehatan lengkap pada masyarakat, baik kuratif maupun preventif. Selain itu, rumah sakit juga berfungsi sebagai tempat pendidikan tenaga kesehatan dan tempat penelitian. Pelayanan kesehatan yang baik memberikan pelayanan yang efektif, aman, dan berkualitas tinggi kepada mereka yang membutuhkannya dengan didukung oleh sumber daya yang memadai (WHO, 2014). Dari observasi lapangan dan studi pustaka berdasarkan pengamatan terdapat beberapa masalah sebagai berikut : Aspek tangibles yang buruk pada kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan pasien rawat inap di RSUD WALED Kabupaten Cirebon. Aspek reliability yang buruk pada kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan pasien rawat inap di RSUD WALED Kabupaten Cirebon Aspek responsiveness yang buruk pada kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan pasien rawat inap di RSUD WALED Kabupaten Cirebon Aspek assurance yang buruk pada kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan pasien rawat inap di RSUD WALED Kabupaten Cirebon Aspek Empathy yang buruk pada kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan pasien rawat inap di RSUD WALED Kabupaten Cirebon.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023