Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 5, No 3 (2024)

Pengaruh Media Truth Or Dare dalam Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros (Studi Pokok Materi Larutan Penyangga)

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Salempa, Pince (Unknown)
Husain, Halimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Truth or Dare dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros studi pokok materi larutan penyangga. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA dengan jumlah 7 kelas. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik simple random sampling hasilnya adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda 20 item yang telah divalidasi untuk memperoleh data hasil belajar. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 95,03 lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 85,70. Hasil analisis inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelas eskperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney, data hasil analisis tersebut didapatkan Zhitung>Ztabel (2,77>1,64). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media Truth Or Dare dalam model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros studi pokok materi larutan penyangga ABSTRACT This research is a quasi-experimental research that aims to determine the effect of Truth Or Dare media in the Problem Based Learning model on the Learning Outcomes of Class XI MIPA students at SMA Negeri 4 Maros studying the main material of buffer solutions. The research population was all class XI MIPA with a total of 7 classes. The research sample obtained using a simple random sampling technique resulted in class XI MIPA 3 as the experimental class and class XI MIPA 6 as the control class. The data collection technique uses a validated 20-item multiple choice test to obtain learning outcome data. The results of the descriptive analysis showed that the average learning outcome for the experimental class was 95.03, higher than the control class, namely 85.70. The results of the inferential analysis of student learning outcomes show that the experimental class and control class data came from a homogeneous population but were not normally distributed so that the hypothesis test used was the Mann-Whitney test, the data obtained from the analysis was Zcount>Ztabel (2.77>1 .64). Based on the results of this analysis, it can be concluded that there is an influence of Truth Or Dare media in the Problem Based Learning model on the learning outcomes of students in Class

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...