Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Budaya 3D, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pendidikan pancasila di SD. Pada materi keragaman budaya Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Memperkenalkan keragaman budaya di Indonesia merupakan upaya mendidik generasi bangsa menjadi multidimensi. Jenis penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi validasi ahli media dan ahli materi, modul pengajaran, pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan media sebesar 90% dengan kategori layak pakai tanpa revisi. Sedangkan ketuntasan belajar siswa sebesar 86,66%, yang berarti media kartu budaya 3D efektif digunakan untuk proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar juga dihitung menggunakan N-gain yang menghasilkan nilai 0,7308 dengan interpretasi kategori Tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menggunakan media 3D Cultural Card. Kata kunci: Media pembelajaran, Kartu Budaya 3D, Hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024