Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pemilihan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah Non Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas intrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan 2 uji prasyarat seperti uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis  menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini dalam analisis data menggunakan Independent Sample T-test diperoleh thitung = 0,000 dan ttabel = 0,361 maka thitung < ttabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dari nilai yang diperoleh dinyatakan adanya pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.Kata Kunci: Saintifik, hasil belajar, IPS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024