TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 3, No 02 (2024): Vol. 03. No. 02 2024 (September)

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Ismah, Fatdriatun (Unknown)
Musyarofah, Musyarofah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pemilihan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah Non Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas intrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan 2 uji prasyarat seperti uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis  menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini dalam analisis data menggunakan Independent Sample T-test diperoleh thitung = 0,000 dan ttabel = 0,361 maka thitung < ttabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dari nilai yang diperoleh dinyatakan adanya pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.Kata Kunci: Saintifik, hasil belajar, IPS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...