Pendidikan karakter harus ditanamkan sedini mungkin pada anak seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini guru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan sesuai dengan zaman tetapi harus mampu membentuk karakter siswa. Guru sebagai pendidikan harus memiliki strategi pembentukan karakter religius melalui program pembiasaan. Tujuan penelitian ini strategi pembentukan karakter religius siswa melalui program pembiasaan di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dan jenis deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data primer adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen terkait program pembentukan karakter religius. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa strategi pembentukan karakter religius yang digunakan dalam membentuk watak siswa, yakni pertama melalui strategi pemahaman, kedua strategi pembiasaan, yang ketiga strategi keteladan, untuk membentuk siswa menjadi disiplin terhadap berpakaian dan peraturan sekolah
Copyrights © 2024