ABSTRAKProgram Penilaian Sistem Pendidikan Internasional (PISA) menilai literasi global siswa setiap tiga tahun. Pada PISA 2022, meskipun hasil global menurun, peringkat Indonesia meningkat, dengan literasi Indonesia naik lima posisi dalam membaca dan matematika. Peningkatan ini terjadi di tengah penurunan literasi global. Rendahnya minat baca di Indonesia disebabkan oleh kurangnya kebiasaan dan fasilitas. Penelitian ini menggunakan teknik sampling acak dengan partisipan dari Politeknik Pariwisata Batam dan mahasiswa. Kepuasan pengguna perpustakaan ditentukan oleh kemudahan akses dan ketersediaan informasi. Pengurus menghadapi tantangan dalam meningkatkan literasi mahasiswa di Prodi Room Division Management (RDM). Ruang baca sudah dilengkapi fasilitas yang memadai, namun kunjungan mahasiswa masih jarang. Meskipun prosedur peminjaman buku sederhana, ketidakakuratan website perpustakaan dan kurangnya staf menghambat minat kunjungan. Teknologi mendukung efisiensi, tetapi fasilitas teknologi masih terbatas. Survei menunjukkan bahwa perbaikan pengelolaan dan layanan diperlukan untuk meningkatkan penggunaan perpustakaan.Kata Kunci: Literasi, Sarana Prasarana, Perpustakaan, MahasiswaABSTRACTThe Programme for International Student Assessment (PISA) evaluates global literacy of 15-year-old students every three years. In PISA 2022, although global results declined, Indonesia's ranking improved, with Indonesian literacy rising five positions in reading and mathematics. This improvement occurred amid a global literacy decline. The low reading interest in Indonesia is attributed to inadequate habits and facilities. This study uses random sampling with participants from Batam Tourism Polytechnic and students. Library user satisfaction is determined by access convenience and information availability. Administrators face challenges in enhancing students' literacy in Room Division Management (RDM). The reading room is equipped with adequate facilities, yet student visits remain infrequent. While the book borrowing procedure is simple, inaccuracies in the library website and insufficient staff hinder visit interest. Technology supports efficiency, but technological facilities are still limited. Surveys indicate that improvements in management and services are needed to boost library usage.Keywords: Literacy, Infrastructure, Libraries, Students
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024