ALGORITMA : Journal of Mathematics Education
Vol 6, No 1 (2024): ALGORITMA Journal of Mathematics Education

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Syari, Aulia Kartika (Unknown)
Fatra, Maifalinda (Unknown)
Diwidian, Femmy (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

AbstractOne type of skill that students must have in order to compete in progress is computational thinking. This research aims to analyze students' computational thinking abilities on SPLTV material, self-regulated learning students, and computational thinking abilities in view self-regulated learning. This method used was survey research. The sample was taken using simple random sampling technique with a total of 112 students at one of the high schools in Depok in the academic year 2023/2024. The instrument used consisted of a test instrument of 12 description questions to measure students computational thinking ability. In addition, self-regulated learning questionnaire consisting of 17 statements and a semi-structured interview consisting of 5 questions. The two instruments used have been tested for validation and reliability. The research showed that students' mathematical computational thinking ability in solving contextual problems was in the low category, self-regulated learning students is in the high category. Between self-regulated learning has no relationship or influence on students' mathematical computational thinking ability in solving contextual problems.AbstrakSalah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki siswa agar dapat bersaing dalam kemajuan salah satunya dengan kemampuan berpikir komputasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasi siswa pada materi SPLTV, kemandirian belajar yang dimiliki siswa, serta kemampuan berpikir komputasional ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian survei. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sebanyak 112 siswa di salah satu SMA di Depok tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrument tes sebanyak 12 butir soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir komputasional siswa. Selain itu, angket kemandirian belajar yang terdiri dari 17 pernyataan serta wawancara semi-terstruktur yang terdiri dari 5 pertanyaan. Kedua intrumen yang digunakan sudah diuji validasitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian memperlihatkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berada pada kategori rendah, kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi. Antara kemandirian belajar tidak memiliki hubungan atau pengaruh terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

algoritma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) adalah jurnal peer-review pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. AJME mempublikasikan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan matematika secara berkala, yaitu 2 kali ...