Perpustakaan adalah tempat dimana seseorang dapat memperoleh informasi. Jenis layanan perpustakaan berdasarkan proses interaksinya dibedakan menjadi dua yaitu layanan teknis dan layanan pengguna. Salah satu layanan pengguna yang memudahkan pengunjung dalam mengakses informasi dan memanfaatkan penerapan teknologi adalah sistem remote access. Berdasarkan dari analisis kebutuhan yang dilakukan dengan melakukan observasi dan survei mahasiswa, didapatkan bahwa Perpustakaan UPI Kampus di Purwakarta masih menggunakan sistem konvensional tanpa adanya layanan online mengenai informasi ketersediaan buku. Sehingga mahasiswa merasa kesulitan untuk mendapat informasi buku dan memastikan ketersediaan buku saat melakukan kunjungan. Oleh karena itu, untuk menjawab permasalahan tersebut, dalam penelitian kali ini akan dibuat website untuk ketersediaan dan reservasi buku dengan tujuan agar mahasiswa dapat dengan mudah mencari informasi mengenai bahan pustaka yang tersedia dan memastikan ketersediaan buku sebelum melakukan kunjungan.  Didapatkan bahwa website tersebut telah berhasil dibuat dengan menggunakan metode waterfall dan telah berhasil diuji dengan hasil yang layak digunakan berdasarkan pengujian dengan metode SUS. Sehingga website ketersediaan dan reservasi ini dianggap telah dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalah yang ada pada Perpustakaan UPI Kampus di Purwakarta.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024