DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains
Vol. 5 No. 1: Desember 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATERI TEKANAN UNTUK SISWA KELAS VIII

Lestari, Nova Sasrinda (Unknown)
Koto, Irwan (Unknown)
Sutarno, Sutarno (Unknown)
Nirwana, Nirwana (Unknown)
Wardana, Rendy Wikrama (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) bertujuan untuk mengembangkan produk Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Materi Tekanan untuk Siswa Kelas VIII. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan, kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif. Penelitian dilakukan di SMPN 05 Mukomuko. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate, namun pada penelitian hanya dibatasi pada tahap Develop. Tahap Define terdiri atas observasi, wawancara, dan analisis kebutuhan pengembangan. Tahap Design terdiri atas rancangan awal Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dan kisi-kisi instrument validasi MPI. Sedangkan pada tahap Develop terdiri atas validasi MPI oleh ahli dan uji coba penggunaan secara terbatas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh total rata-rata skor Aiken adalah 0,85 dengan kategori validitas tinggi/layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan masih masing skor 0.79 oleh ahli materi dan 0,92 oleh ahli media. Sedangkan uji keterbacaan produk oleh guru memperoleh persentase rata-rata 99,6% dengan kategori sangat baik. Selain itu respon siswa terhadap MPI yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat baik.   Kata kunci: Media, Media Pembelajaran Interaktif, Tekanan ABSTRACT This research is a research and development (R&D) aimed at developing an Interactive Learning Media product that is Oriented to Understanding Concepts in Learning Stress Materials for Class VIII Students. This development research aims to find out how to develop, feasibility and students' responses to interactive learning media. The research was conducted at SMPN 05 Mukomuko. The development model used is 4D, namely Define, Design, Develop, Disseminate, but the research is only limited to the Develop stage. Define stage consists of observation, interviews, and analysis of development needs. The Design phase consists of the initial design of the Interactive Learning Media (MPI) and the MPI validation instrument grid. Meanwhile, the Develop stage consists of MPI validation by experts and limited use trials. Based on the results of the research that has been done, the total average score of Aiken is 0.85 with the category of high validity/feasible to use in the learning process with each score of 0.79 by material experts and 0.92 by media experts. While the product readability test by the teacher obtained an average percentage of 99.6% with a very good category. In addition, student responses to the developed MPI obtained an average percentage of 90% with a very good category.   Keywords: Media, Interactive Learning Media, Pressure

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diksains

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching and learning science, physics education, physics, chemistry education, chemistry, biology education, biology, computer science, environment science, nutrition and ...