Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan yang terjadi pada bangunan gedung SMPN Satap Raja. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan observasi objek yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data sebagai deskriptif permasalahan yang ada pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan persentase total kerusakan visual pada seluruh komponen bangunan SMPN Satap Raja tiap-tiap ruangan, yaitu. Kelas 7 sebesar 10,06 %, Kelas 8 sebesar 9,79 %, Kelas 9 sebesar 10,30%, Ruang Laboratorium sebesar 8,72%, Ruang Guru sebesar 0,65%, Ruang Kantor sebesar 0,44%, Ruang Tata Usaha sebesar 17,77% dan Ruang Perpustakaan sebesar 0,37%. Maka dapat disimpulkan Persentase tingkat kerusakan total pada seluruh komponen bangunan yaitu 8,41%, maka kategori kerusakan visual banguanan gedung utama SMPN Satap Raja merupakan kerusakan ringan. Yang mengkategorikan kondisi keseluruhan bangunan sebagai Kerusakan Ringan. Temuan ini menekankan pentingnya upaya pemeliharaan dan intervensi yang tepat waktu untuk memastikan keselamatan dan fungsionalitas bangunan, mengingat pentingnya peran bangunan ini dalam mendukung berbagai kegiatan di sekolah. This research aims to determine the level of damage occurring to the building of SMPN Satap Raja. The type of research that will be used is quantitative research, such as object observation, which the researcher uses to obtain data as a descriptive account of the problems present in the research object. The research results show the total percentage of visual damage to all components of the SMPN Satap Raja building in each room, namely. Class 7 at 10.06%, Class 8 at 9.79%, Class 9 at 10.30%, Laboratory Room at 8.72%, Teacher's Room at 0.65%, Office Room at 0.44%, Administration Room at 17.77%, and Library Room at 0.37%. It can be concluded that the total damage percentage of all building components is 8.41%, thus the visual damage category of the main building of SMPN Satap Raja is classified as minor damage. Which categorizes the overall condition of the building as Minor Damage. These findings emphasize the importance of timely maintenance efforts and interventions to ensure the safety and functionality of the building, considering the significant role this building plays in supporting various activities at the school.
Copyrights © 2024