JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol. 10 No. 1 (2024): Edisi September

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlesah

Ainun Nikmah (Unknown)
Nova Estu Harsiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan awal pemahaman membaca yang dihadapi siswa kelas satu SD Negeri Tlesah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kajian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitiannya adalah guru kelas 1 dan kelas 1 SD Negeri Tlesah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Model terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Survei menemukan bahwa 37,5% siswa kelas satu masih mengalami kesulitan untuk mulai membaca. Dengan kata lain, (1) kesulitan mengenal huruf, (2) belum mengenal huruf konsonan, dan (3) belum mampu membaca gabungan huruf vokal dan konsonan (4) Tidak dapat membaca kombinasi konsonan, (5) Tidak dapat membaca huruf diftong. Solusi yang diajukan oleh guru kelas satu untuk mengatasi kesulitan membaca siswa kelas satu adalah dengan memberikan pengajaran membaca, mendirikan sudut membaca di kelas, dan memberikan bacaan sesuai dengan kemampuan membaca siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...