JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol. 10 No. 1 (2024): Edisi September

Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X dengan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Kartu Soal

Septi Tresnawati, Nur (Unknown)
M. Fathur Rahman (Unknown)
Ahmad Jaenudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Model pembelajaran Jigsaw berbantuan kartu soal diharapkan dapat memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan nonequivalent group pretest posttest design. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 216 orang siswa, 36 siswa orang kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 36 orang siswa kelas X-3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Jigsaw berbantuan kartu soal berpengaruh meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Demak. Rata-rata hasil tes akhir sebesar 80 dengan ketuntasan presentase ketuntasan pembelajaran sebesar 83% dan rata-rata keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 69% artinya keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori aktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...