Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis ICARE pada pokok bahasan gerak parabola yang layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (analyze, design, development, implementation, evaluation). Berdasarkan analisis kebutuhan kuesioner yang dilakukan kepada salah satu guru fisika SMAN 10 Bekasi hasilnya yaitu - peserta didik mengalami kesulitan pada materi gerak parabola karena harus menganalisis dua jenis gerak sekaligus (GLB dan GLBB) - saat melakukan demonstrasi langsung, peserta didik kesulitan memvisualisasi lintasan yang terbentuk - analisis gerak dan perhitungan yang rumit menyebabkan hanya sebagian peserta didik yang mampu memahami dan tuntas dalam evaluasi pembelajaran - guru setuju jika modul elektronik dibuat interaktif dan soal evaluasi dibuat menarik. Modul elektronik dikembangkan menggunakan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) dan berbantuan Articulate Storyline di dalamnya terdapat gambar, animasi, video dan simulasi. Kesimpulan penelitian pendahulan ini yaitu modul elektronik berbasis ICARE pada pokok bahasan gerak parabola layak dilakukan dengan menghasilkan output produk berupa file web (HTML 5), mudah diakses dan dapat digunakan di berbagai perangkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025