Pendidikan moral merupakan kesadaran yang dapat membantu peserta didik melalui pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang berkontribusi pada kepuasaan pribadi dan kehidupan sosial. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 5 informan. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai moral pada karakter siswa dan mengetahui peran guru dalam membentuk karakter moral siswa. Penelitian ini dilakukan di sekolah UPT SMP Negeri 35 Medan. Penelitian menunjukkan bahwa UPT SMP Negeri 35 Medan telah mengimplementasikan nilai-nilai moral sesuai Pancasila dengan baik, berdasarkan wawancara dan pengamatan langsung terhadap sikap peserta didik. Meski beberapa nilai belum diterapkan secara maksimal, pemahaman dan penerapan nilai moral oleh siswa sudah cukup baik. Dukungan dari guru dan orang tua sangat diperlukan agar implementasi nilai moral dapat ditingkatkan.
Copyrights © 2024