Penelitian ini mengeksplorasi integrasi nilai-nilai tauhid dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di MI Salafiyah Kauman Pekalongan dengan fokus pada materi siklus air dan ekosistem. Pendekatan pendidikan berbasis tauhid yang diusung oleh Ismail Raji al-Faruqi dijadikan kerangka teoritis untuk memahami bagaimana tauhid dapat menjadi landasan dalam menyelaraskan pendidikan sains dan nilai spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai tauhid dilakukan melalui pendekatan tematik, seperti mengaitkan proses siklus air dan ekosistem dengan ayat-ayat Al-Qur'an. Guru menggunakan metode pembelajaran interaktif, visualisasi, dan pengamatan langsung untuk menanamkan kesadaran spiritual siswa tentang pentingnya menjaga alam sebagai amanah dari Allah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan berbasis tauhid tidak hanya meningkatkan pemahaman kognitif siswa terhadap sains tetapi juga membangun kesadaran ekologi dan spiritual yang mendalam.
Copyrights © 0000