Tujuan kegiatan PKM ini yaitu sosialisasi pentingnya literasi di sekolah dasar sebagai salah satu wujud penguatan pendidikan karakter. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan PKM ini adalah pertama, tahap persiapan yaitu: a) koordinasi internal, dilakukan oleh tim untuk merencanakan pelaksanaan secara terkonsep. b) koordinasi secara eksternal, dilakukan dengan pihak luar yang terkait. c) persiapan lokasi, dokumentasi, dan persiapan lainnya. Kedua, tahap pelaksanaan kegiatan: a) Pembukaan program pengabdian masyarakat. b) Penyajian materi, diskusi, praktik, simulasi, dan tanya jawab. c) Penutup. Ketiga, Monitoring. Hasil dan pembahasan dalam PKM ini bahwa pada tahap pertama yaitu tahap persiapan TIM PKM terlebih dahulu melakukan koordinasi baik secara internal dan eksternal dengan mitra PKM SD N 47 Lubuklinggau. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh TIM PKM kepada mitra bahwa pentingnya sosialisasi terkait literasi di sekolah dasar sebagai salah satu wujud penguatan pendidikan karakter. Tahap kedua, tahap pelaksanaan kegiatan PKM, TIM PKM menyampaikan tujuan kegiatan PKM yang digagas sekaligus penyampaian materi berdasarkan koordinasi dengan pihak sekolah. Menurut mereka materi yang disampaikan TIM PKM sangat membuka pemikiran bagi guru-guru bagaimana menyelesaikan permasalah yang terjadi di sekolah dasar terkait kemampuan siswa yang masih ada belum bisa membaca dan menulis. Tahap ketiga, tahap monitoring dengan melihat perkembangan literasi siswa sebagai penguat pendidikan karakter yang telah dilaksanakan di SDN 47 Lubuklinggau melalui grup WA. Setelah proses pengabdian dilakukan dengan baik diharapkan guru dapat menjadi inspirator bagi siswa sekaligus penyelenggara kegiatan literasi di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024