Wacana Publik
Vol. 18 No. 2 (2024): Wacana Publik

Impresi Menonton Acara Pencarian Bakat dalam Mengembangkan Minat Berkarir di Bidang Fashion

Adiba, Jovita Farah (Unknown)
Oktiani, Hestin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Indonesia's Next Top Model ialah sebuah acara pencarian bakat untuk wanita muda yang ingin memulai karir di bidang fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari intensitas menonton acara Indonesia’s Next Top Model terhadap pembentukan minat remaja terjun ke fashion industry. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui metode survei kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa ada korelasi sedang antara keinginan remaja untuk bergabung dengan industri fashion dan intensitas menonton acara YouTube Indonesia's Next Top Model dengan nilai sebesar 0,444. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan minat remaja untuk berkarir di bidang fashion, dipengaruhi sebesar 19,7% oleh intensitas menonton acara fashion. Pengaruhnya terhitung rendah. Adapun 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain, dapat berupa faktor jenis kelamin, dorongan, perhatian, dan tempat sekolah. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan suatu media komunikasi oleh seorang individu mampu mempengaruhi individu tersebut, meskipun demikian juga terdapat beberapa hal lain yang mendukung timbulnya efek akan media komunikasi massa pada diri seorang individu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

politik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Adalah jurnal ilmiah yangditerbitkan oleh STISPOL Dharma Wacana Metro, dibawah pengelolaan Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat STISIPOL Dharma Wacana. Jurnal Wacana Publik terbit dua kali dalam setahun,yaitu pada Juni dan Desember. Jurnal Wacana Publik memuat artikel-artikel ilmiah ...