Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-LKPD interaktif berbasis guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa kelas XI SMA dan menilai validitas dan kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa pembelajaran biologi, terkhusus di jenjang SMA, memiliki banyak konsep teori dan variasi perangkat pembelajaran yang digunakan guru mayoritas masih menggunakan buku atau ppt dengan metode ceramah, sehingga membuat pembelajaran monoton yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RD) dengan model ADDIE, yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan (ADD): Analisis, Desain, dan Pengembangan. Instrumen penelitian meliputi lembar pedoman wawancara, angket, soal tes, lembar penilaian, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa validasi ahli materi dan media menunjukkan persentase nilai yang keduanya termasuk dalam kategori "sangat baik". Uji coba terbatas menggunakan desain pretest-posttest one small group menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman kognitif siswa ditinjau dari peningkatan rerata skor dari 34,9 pada pretest dan 71,8 pada nilai posttest. Selain itu, dilakukan juga analisis N-Gain score, uji-T, dan persepsi guru serta siswa terkait produk yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Interaktif berbasis guided discovery learning pada materi struktur dan fungsi komponen sel untuk kelas XI SMA valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa.
Copyrights © 2024