Jurnal Edukasi Biologi
Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi

PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS XI

Manurung, Hany Patitrya Octanty (Unknown)
Anazifa, Rizqa Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran  e-LKPD interaktif berbasis guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa kelas XI SMA dan menilai validitas dan kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa pembelajaran biologi, terkhusus di jenjang SMA, memiliki banyak konsep teori dan variasi perangkat pembelajaran yang digunakan guru mayoritas masih menggunakan buku atau ppt dengan metode ceramah, sehingga membuat pembelajaran monoton yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RD) dengan model ADDIE, yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan (ADD): Analisis, Desain, dan Pengembangan. Instrumen penelitian meliputi lembar pedoman wawancara, angket, soal tes, lembar penilaian, dan dokumentasi.  Hasil temuan menunjukkan bahwa validasi ahli materi dan media menunjukkan persentase nilai yang keduanya termasuk dalam kategori "sangat baik". Uji coba terbatas menggunakan desain pretest-posttest one small group menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman kognitif siswa ditinjau dari peningkatan rerata skor dari 34,9 pada pretest dan 71,8 pada nilai posttest. Selain itu, dilakukan juga analisis N-Gain score, uji-T, dan persepsi guru serta siswa terkait produk yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Interaktif berbasis guided discovery learning pada materi struktur dan fungsi komponen sel untuk kelas XI SMA valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...