Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Vol. 3 No. 2 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi

PENGENALAN LITERASI MEDIA DIGITAL UNTUK MENCEGAH DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE

Darmawati, Darmawati (Unknown)
Ramadhan , Muhammad Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Literasi media digital merupakan keterampilan penting di era teknologi saat ini, terutama untuk mencegah dampak negatif dari bermain game online di kalangan anak muda. Penelitian ini membahas pentingnya pendidikan literasi media digital dan perannya dalam mengurangi perilaku negatif seperti kecanduan, isolasi sosial, dan penurunan prestasi akademik akibat bermain game online secara berlebihan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi strategi untuk mengintegrasikan literasi digital dalam program pendidikan dan meningkatkan kesadaran di kalangan orang tua, pendidik, dan siswa. Temuan menunjukkan efektivitas intervensi dini dan upaya kolaboratif dalam mempromosikan kebiasaan konsumsi media yang seimbang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

scientica

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi adalah jurnal online, akses terbuka, dan peer-review. Scientica menerbitkan terbitannyaempat kali dalam setahun (Januari, April, Juli dan Oktober). Jurnal ini adalah untuk menyediakan forum untuk berbagi, diseminasi, dan diskusi penelitian asli, studi ...